Adit Anak Autis yang Jago Menggambar



Nama lengkapnya adalah Aditya Pratama, sekarang duduk di kelas 6 SDLB Sukapura. Usianya sudah 12 tahun. Sebelumnya dia pernah sekolah di SD reguler sampai kelas 2 . Karena guru-guru di SDnya kewalahan dalam menangani Adit dan setelah berkonsultasi dengan orang tuanya akhirnya Adit pindah

sekolah ke SLB C Sukapura Bandung.
Berdasarkan observasi Adit termasuk anak autis. Dari segi akademik sebenarnya dia dapat mengikuti dengan baik, dia sudah dapat berhitung, membaca dan menulis, hanya karena terdapat gangguan pada emosinya sehingga memerlukan layanan pendidikan secara khusus. Seringkali dia “ngamuk” jika keinginannya tidak dikabulkan.
 
Salah satu hal yang menonjol dari Adit adalah kemampuannya dalam menggambar. Ini dapat dilihat dalam kesehariannya di sekolah, setiap saat ia selalu ingin menggambar apa saja yang berkenan dengan suasana hatinya.
Contohnya ketika ketika lagu “Tak Gendong” almarhum Mbah Surip sedang in, hampir tiap hari dia menggambar mengenai Mbah Surip dan tidak lupa tulisan “I LOVE YOU FULL”nya, karena memang Adit mengidolakan lagu tersebut.
Dalam dialog dengan orang tuanya, memang di rumahpun minat terhadap menggambar sangat besar pada diri Adit, sehingga orangtuanya selalu membelikan kertas satu rim dalam satu bulan, sebagai sarana menggambar Adit.
 
Menurut pantauan saya ada satu hal yang belum dia kuasai yaitu dalam mewarnai, sehingga beberapa kali mencoba untuk membimbingnya dalam hal mewarnai ternyata belum berhasil. Minatnya hanya pada menggambarnya saja (jika menggambar dia sangat cepat sekali).
Pernah saya mengusulkan kepada orangtuanya agar mencoba mencari guru privat menggambar, tetapi selalu tidak berhasil karena kewalahan dalam memberikan layanan pendidikannya.
 
Keadaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, guru-gurunya di sekolah, bagaimana memaksimalkan potensi yang dimiliki Adit tersebut.

Komentar